Cerita perjuangan masuk STAN dan SBMPTN





Halloo perkenalkan aku Cristy Hagi Gultom :D. Saya merupakan anak yang dapat dikatakan tidak pintar ataupun luar biasa seperti mereka yang mempunyai prestasi segudang. Heheh Pengen untuk nulis sih uda lama ,tapi gak sempat :(  dan baru terwujud sekarang. Semoga tulisan gw yang sederhana ini bisa bermanfaat :D


Ini cerita versi singkat nya aja ya wkkw (Real Story).

1.Perjalanan Seorang anak SMA Bejat kelas MIPA akhir 

(Ya paham kan kalau kelas yang ujung-ujung itu situasinya gimana)

Sebenarnya sih gw uda dari kelas satu itu pengen belajar serius buat kedepanya. Sering juga mendengar motivasi dari bimbel-bimbel yang datang kesekolah untuk mencari nasabah wkwkkw. Ya tapi cuma bertahan sehari doang besok nya lupa lagi motivasi ituu :v, itu fakta wkawk.

Pernah ngerasa gini gak setelah kamu dengar motivasi dan sejenisnya tapi cuma bertahan sebentar ?sama gw jg sih :D.

Terlalu sering denger ocehan orang tua gw .dek belajar jangan sampai nanti ga jadi orang atau mama beliin becak 15 bijik nanti...HUmm di situ gw bodohh amat wkwk masih asik dengan gadget dan laptop gaming gw(DOTA 2 uda beribu jam gw maininin) hhihii,dan jleb waktu ngeskip gitu aja tau tau gw uda semester 4(kelas 2 semester 2).

First to gw,ikut to stan di kota kecil gw rangking hem hem( waktu belum belajar samsek) yaitu 217 dari 200 an anak wkwk
  Waktu berlalu dengan cepat dengan konsep hidup gw yang tidak jelas
.

2.Semester 5


Taraaaaa gw masih bangsat ternyata wkwkw.  untungnya dapat kawan sebangku yg ambis namanya Grace Nisma Angelina Sembiring. Dari situ gw kenal zenius ,tapi ttp ga gw beli njir wkwkw. Gw prefer beli buku malahan dan gw abisin tabungan gw 600 ribu hanya buat beli buku rangkuman fisika,trik fisika,rangkuman matematika,Bank soal matematika,Sbmptn,Stan..Yang SEMUA BERAKHIR TAK TERPAKAI AHAHHA

Na gw jg semangat nya tu nyari grup belajar di WA
dapat banyak grup tapi berujung gw out .wkwk yg malah ampir semua grup nya itu isinya gak jelas ,kebanyakan becanda +nyarih jodoh+ngebahas aneh aneh .jadi jgn berharap banyak sama GRUP gitu.but tapi gw dpt grub pejuang gapyear yg isinya mastah mastah .ambis ambis .yang jadi panutan saya diam diam ,ada Fajar Natawijaya,Veronica Montana, Subhan, Fayadh, Bayu Setiawan, David,dan banyak lah (saya tidak ingat).

Yap gw still sider ampe semester 6 akhir baru kadang kadang ikut ikut

Bulan 9 gw beli zenius cuy :D ... karena terinspirasi motivasi dari bang Iqbal Aditya( Anak STEI ITB) . Setelah itu gw makin rajin ibadah (salah satu buat gw semakin menjadi pribadi yg baik), gw juga berdoa agar gw gak kedistract biar bisa konsen belajar .Besoknya hp gw rusak wkwkw seriusan ini lohdan full 1 bulan di bulan 10 gw fokus belajar .but bulan 11 gw ga belajar lagi ,why? gw uda ga fokus karena pacaran.dan waktu gw habis buat pacaran.ini seriusan gw ga bohong ,jadi gw tidak ngerecommendeddd banget buat pacaran kamu pacaran wkwk :(( .


3.Semester 6 

Memasuki bulan 1 gw lebih berubah lg setelah gw bener bener lepas dr distract hub ama cewe :)
But tetep aja gw masih malas belajar Gara gara pengen main Dota muluuu :( SKIP cerita gw belajar dari bulan 1-3 dengan gak full ,yg gw sempat pelajarin cuma 

Tpa,matdas,fisika (setengah materi)),kimia(setengah materi),BIO kosong ,Math Saintek kosong

Gw ga tau mau ngomong gimana lagi kenapa buat belajar gw ttp aja malas . Kalau gw pikir pikir itu semua karena gadget dan game ,seriusan jadi loh yg telat belajar ,lo harus korbanin itu semua hehe :)) .mau lu baru belajar bulan 1 kaya gw .PASTI terkejar kalau lo fokus dari hal yg ngedistract .dan itu semua tergantung lo!!


4.H-SBMPTN (PENGUMUMAN SNMPTN)


Untuk akademik di sekolah sendiri GW RANKING 31 dari 38 atau 37) heheheheh MIPA 6 dari 7 kelas IPA :v. DAN YAP GW SEMAKIN SANTAI BELAJAR KARENA BERHARAP SNMPTN GW MENANG. WKWK PADAHAL GW RANGKING  AKHIR GITUU .GW NGAMBIL SNMPTN DI ITB JATINANGOR BERHARAP KEBERUNTUNGAN.DAN U KNOW HASILNYA AHAHA. FAIL!

PERSIAPAN GW SELAMA 5 bulan (WALAUPUN SEBENARNYA GW GAK SERIUS .dan gw nyesel bgt seriusan deh ,jgn sampe nyesel waktu lo ke skip! dehh





HARI SAAT PERTEMPURAN

SESI SAINTEK
Memasuk ruangan sbmptn di USU ,pada sesi pertama yaitu saintek dan sialnya gw harus boker .uda ga tahannn wkwk, seriusan bisa bayangin gak ngerjain soal sambil sesak buat boker :( ,terakhir gw ga tahan .dan gw boker ,jlepppp waktu gw kepotong banyak. gw hanya jawab sekitar 29 dari 60
(Gw kaum yang ga berani nembak)

SESI 2(TKPA)
Sesi pembalasan gw karena mau ga mau gw harus nyari nilai dari sini :( .dan gw ngejawab 79 dari 90. urutan gw ngerjainya adalah TPA-Bahasa indo-bahasa inggris -matdas


5.Pengumuman

Gw uda pesimis ga lulus karena gw ga nembak.padahal kawan kawan gua banyak yang nembak jawaban .dan si doi (menteri kita) blg isi aja semua kasihan anak anak kita kalau ada nilai minus.dan dia ngomong itu pas selesai sesi saintek, wuttttttttt -_- gw ga bawa hp buat tau itu informasi.Iya gw tau tahun ini ga jelas sistemnya 

TAPI JANGAN PIKIRIN SISTEMNYA .. YA FOR U KNOW SISTEMNYA KAN NGIMBAS KE SEMUA INDIVIDU WALAUPUN ADA YANG RUGI DIKIT DIKIT HEHEH .ya jadi lo gak rugi secara logikanya .karena tetap adil ,ya tapi mau gimana dibilang panitianya nyaranin jgn nembak :(, Zenius juga bilang gitu.

Hari berlalu dan saya refreshing berminggu minggu :D. Padahal masih ada test STAN NI astagaaaa

PENGUMUMAN SBMPTN
GW TIDUR KARENA UDA GA FEELING GUA BAKAL DAPAT SBMPTN, KEMARIN PAS UJIAN SITUASI GUA BURUK BANGET :( , KURANG PERSIAPAN YA GINI DAH WKWKK... Dan bangun bangunnn GRUP WA uda rameh sama pengumuman,  gw doa dulu sebelum buka pengumumanya dan setelah itu gua buka dan .taraaa . Gua kebingungan dan bersyukur bangettt, walaupun gak dapat pilihan pertama ataupun kedua :D

Sungguhh anugerah dari tuhan . Padahal gw uda planning buat gapyer buat memperbaiki diri gw yang bahkan uda telat belajar masih ga sanggup ngelawan godaan SETANN

6.H-STAN 


Gw jg ikut stan di suruh ortu :)) Dan jujur gw ga banyak belajar dan hampir ga belajar lg .gw hanya fokus di TWK+bahing dan belajar dari pdf di internet selama 2 sminguu  UJIAN STAN .setelah sbmptn gw ngapain?? MAIN DOTAAA Ngepuaasss puasinn . Gw goblok jgn di niru ya wkwkw.masih kegoda DOTA .lu yg punya game atau apaan hapus aaj dah :)) padahal waktu itu range sbmptn ke ujian stan lamah lohhh :))

Tapi karena gua uda banyak belajar di sbmptn , try out gua di stan juga naik dan akhirnya gw dapat ranking 35 lumayan la dari 2000 an murid ADZKIA di seluruh kota medan :D

HARI PENGUMUMAN STAN

Dan pengumuman STAN puji Tuhan gw lulus (Berkat belajar SBMPTN ngaruh bgt guyssss.basic dari sbmptn itu bagus bgt jadi ga buat lu ngapal tipe tipe soal atau apa gitu)Gw masih  percaya akan semua anugerah Tuhan.disamping gw telat belajar dan masih males malesan gw masih dikasih kesempatan. Gw ga percaya kalau Tuhan kasih takdir buruk ke kita .jadi tergantung kita mau jadi lebih baik atau enggak :)) 




                    ''Jangan teralalu berharap keberuntungan di sbmptn apalagi di SNMPTN ''




Kesimpulan
1.BELAJAR DARI SEMESTER 6  MASIH TERKEJAR ASAL LO SERIUS(di jaman gua,gak tau nanti test center jadwalnya gimana hehe) .
2.PERBANYAK DOA GUYSS :)) kunci kesukesaaan gwww
3.BUANG SEMUA HAL YANG GA PNTING TERUTAMA HP LOH WKWKw. Bkn hp ga guna tapi kalau lo orangnya kaya gw ga bisa ngendaliin diri ya apa boleh buat
4.BELAJAR ADA TEKNIKNYA
5.MOTIVASI TERBESAR DARI DIRIS SENDIRI bukan motivasi ekstrinsik kaya dari bimbel bimbel
6.KALAU Lingkungan lu ga bagus kaya gw ,ya apa boleh buat loh belajar sendiri .kaya gw h-sbmptn gw pergi ke perpus daerah buat jadiin tempat belajar.why ? dirumah gw tidur .seriusan .jdi gw ke perpus buat ngehindari tidur time wkkw
7.BELAJAR yang serius 2 jam sehari juga cukup.gw untungnya masih sanggup belajar serius walaupun kebanyakan game nya
8.SBMPTN TAHUN ini emang ga ada minus(Sumber:dari kwn kwn gw yang lolos di ITB ngisi full semua )





Inget akan satu hal lagi, kita ga tau alur cerita HIDUP kita gimana!! :)). Gw dulu pgn masuk UNPAD karena abg gw di UNPAD (lihat cewe abg gw cantik hihi :v)>PGN MASUK ITB KARENA PASSION>KETERIMANYA DI UB>> NGEJALANINYA di STAN

Jauh dari bayangan gw loh :(





Ingat sainganmu itu banyak ,coba ambil sesuatu yang berbeda dari yang lain ,jadi lah lebih di atas sainganmu, jangan peduli dia lebih pintar atau dari sekolah terkenal


                                                                             ingat
QUALITY>QUANTITY




Cerita gw di atas tidak untuk bermaksud sombong atau gimana ...emg faktanya begini. Gw mengucapkan terima kasih buat org org yg menjadi penyemangat saya yaitu orang tua yang nyupport saya heheh

Gw juga nyertain sumber belajar gw (anti anti bimbel club) walaupun sempat bimbel stan 1 bulanan di adzkia, tapi sebenarnya gw bolos kelas dan hanya datang untun diskusi sekali kali kalau gw benar benar bingung, sisahnya ya gua tetap belajar dari zenius dan try out di adzkia gw selalu ikut karena gw beli paket intensif nya hanya karena TRY OUT nya wwkwkwk

oohh iya Buat Twk stan itu hapal uud sama baca sejarah indonesia lengkap dari awal biar ngerti jalan cerita nya :)). itu cara paling ampuh menurut saya

PENTING!!  SEGALA KEBUTUHAN ATAU PENDUKUNG BELAJAR UDA LENGKAP DI ZENIUS dan untuk cara belajar dan kebutuhan tempur nya bisa lo lihat di Zenius Education bagian ZENIUS LEARNING

NAH GUE KURANG BISA NGERANGKUM HAL HAL YANG DIBUTUHKAN APA AJA , LANGKAH PERTAMA LO WAJIB BUKA ZENIUS LEARNING ,NTR SEGALA MASALAH ATAUPUN KEBUTUHAN LO ADA DISITU

INGAT KITA LAGI NGEBANGUN GEDUNG YANG TINGGI JADI BUTUH DASAR BANGUNAN YG KUAT :)  
GW sama sekali ga dibayar zenius buat nulis ini.ini salah satu cara gw berterima kasih sama zen :))






DEFINISIKAN SUKSES MENURUT DIRIMU, JANGAN MENURUT ORANG LAIN

Semangat yang masih berjuangggg ya!! YOSHH











CARA BELAJAR
Deliberate practice dan teknik podomoro( search sendiri ya )



ALAT TEMPUR BELAJAR
BUKU
1)Wangsit only> buku bagus buat belajar sbmptn
2)kitab suci  > buat belajar rohani :D

WEBSITE DAN ACCOUNT YOUTUBE
1) Zenius education ( Ini platform yang paling mendukung saya waktu masa perjuangan kemarin)
2) Quipper ( pernah coba punya teman, enak tapi kurang cocok
3) Account youtube; Bengkel mafia ( Enak buat belajar konsep matematika)
4) Account youtube; Sibejo sadda  ( Lumayan enak buat belajar tetapi kurang cocok dengan saya)
5) Account youtube; Engvid        ( Enak banget buat belajar bahasa inggris STAN)
6) Khan academy     ( Kaya zenius tetapi gratis dan enak banget dipakai, rata rata video dalam bahasa inggris)
7) Cerebrum         ( Platform try out Stan dan sbmptn, tapi saya pakai buat stan saja untuk membiasakan diri dengan sistem cbt)
dulu murah harganya cuma 30k, ga tau sekarang uda naik atau engga...
8) Pak anang blog   ( Ini bagus buat UN , tapi saya dulu ga belajar samsek buat UN, karena takut ga lulus sbmptn... tahun 2018 Un ga ngaruh buat kelulusan :D
9) Account youtube; Muin banyal dan bawah pohon ( Enak banget buat belajar nurunin rumus)







FILE YANG SUPER PENTING BANGETTT





Orang yang ngeinspirasi saya , bisa kamu search :D

1. Sabda PS (CEO ZENIUS)
2. Jack Ma  (CEO ALIBABA)
3. Success before 30 (account youtube si ini btw )

yang nomor 2,3 bisa ngeinspirasi kita buat berbisnis dan kerja keras
yang nomor 1 orang yang ngerubah pola pikir saya



VIDEO OSPEK( MOTIVASI EKSTERNAL DIRI)


OSPEK ITB 2013
OSPEK UI 2018
DINAMIKA STAN 2018
OSPEK UGM 2018

       Terima kasih atas waktu membaca tulisan sederhana saya , saya minta maaf jika ada salah kata dalam penulisan dan tata tulis saya yang masih acak acakan heheh :D .Dan saya juga meminta untuk di Doakan agar kuliah saya nanti dilancarkan oleh YME . karena saya sempat frustasi( Efek Sick Home dan salah jurusan, notabenya kan jiwa saya itu rana IPA)  selama satu semester malas malasan kuliah ,untungnya saya tidak di DO di Stan dan sekarang sudah sadar akan tanggung jawab serta jalan kehidupan dari sang maha kuasa, Di semester 2 ini saya sudah semangat kembali dalam mengapai Cita cita saya yang suda saya revisi :)...

Saya seorang yang bisa dibilang parah dalam semua subjek pelajaran (bodoh) yang mendapat berkah dari Tuhan saat bertemu zenius.

Untuk yang butuh informasi apapun dapat menghubungi saya melalui instagram saya @hagyiee
Salam Hangat dari saya


Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cerita perjuangan masuk STAN dan SBMPTN"

  1. Bang cara belajar matematika STAN nya gimana bang abng soalnya aku matematika dasar kurang bang jadi harus gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipsnya belajar matematika SBMPTN, setelah itu sadar ga sadar tpa stan jadi mudah banget .

      Delete
  2. Wah allucard anak 18 juga ternyata.

    -i always leave no footprints

    ReplyDelete